9 Tips Desain Informasi untuk Membuat Anda Menjadi Perancang Web yang Lebih Baik

9 Tips Desain Informasi untuk Membuat Anda Menjadi Perancang Web yang Lebih Baik
IKUTI INSIGHT RUMAHMEDIA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Ini mungkin bagian paling kurang glamor dari desain web, tetapi desain informasi tidak berarti kurang penting. 

Mencari dan mengkonsumsi informasi adalah tugas web klasik, jauh melampaui membeli, bermain dan berkomunikasi, yang semuanya termasuk sebagian besar dari desain informasi itu sendiri. 

Bagaimana pengguna menemukan dan kemudian memanfaatkan sendiri semua informasi yang dipengaruhi oleh bagaimana itu terstruktur dan disajikan. 

Jadi setiap perancang web harus dilengkapi untuk membuat keputusan yang berkualitas dan tepat tentang bagaimana melakukan ini.

1 - Bersikaplah metodis

Desain informasi adalah masalah yang semakin kompleks semakin besar situs web. Namun, bahkan situs web kecil akan mendapat manfaat dari proses langkah demi langkah yang sistematis untuk mencari tahu cara memesan dan mengatur konten situs. 

Berikut ini beberapa langkah sederhana yang mungkin ingin Anda ambil:

Memahami Konten, Proses, dan Tujuan Situs

Sangat sulit untuk mengatur banyak hal jika Anda tidak tahu apa itu sebenarnya. Jadi tugas pertama Anda adalah untuk menelusuri konten, proses, dan sasaran situs. 

Konten situs berarti menyalin, gambar, video, dan aset lain yang telah Anda berikan atau pengarahan yang perlu masuk ke situs. 

Proses situs adalah tugas dan alur kerja yang perlu diselesaikan pengguna untuk berinteraksi dengan situs. Dan sasaran situs mengacu pada tujuan klien dan pengguna.

Jadi untuk contoh restoran sederhana Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki teks untuk halaman 1 hingga 20, Anda tahu bahwa pengguna akan mencoba menyelesaikan beberapa tugas seperti membuat reservasi. 

Anda mungkin juga melihat bahwa tujuan pengguna di situs tersebut adalah untuk mengetahui apa yang dilayani restoran, di mana lokasinya dan apakah ada tabel, dan kemudian mudah-mudahan membuat reservasi. 

Akhirnya tujuan klien mungkin untuk melayani pengguna, tetapi juga untuk mendorong mereka menuju serangkaian spesial yang mereka jalankan.

Prioritaskan dan Cari Jalur Pengguna

Setelah Anda mendapat pemahaman yang kuat tentang apa yang masuk ke situs, Anda dapat mulai memprioritaskan informasi dan mencari tahu bagaimana pengguna akan melintasi situs. 

Jalur apa yang akan mereka ambil untuk mencapai tujuan mereka? Halaman apa yang paling penting? Yang harus dilihat di depan dan yang hanya mendukung informasi?

Bahkan dengan contoh sederhana seperti situs restoran kami, ada banyak cara untuk menetapkan informasi. 

Sebagai contoh Anda mungkin mendorong spesial langsung di homepage, atau Anda bisa mengikat mereka ke dalam proses pemesanan, atau Anda dapat memasukkannya ke dalam menu. 

Demikian pula Anda mungkin menemukan bahwa dengan memberikan tujuan klien, Anda akan memiliki prioritas yang berbeda pada konten halaman. 

Mungkin klien memberi tahu Anda bahwa tidak ada orang yang dapat menemukan restoran ini, jadi Anda perlu membuat laman Bagaimana Mendapatkannya di Sini dan memberikannya prioritas tinggi.

Organisasikan Informasi

Dengan pemahaman tentang apa yang masuk ke dalam situs, dan pemahaman yang jelas tentang bagaimana elemen-elemen yang berbeda saling terkait satu sama lain, bagaimana pengguna ingin bekerja melaluinya, dan betapa pentingnya bagian yang berbeda, Anda sekarang dapat mengatur informasi untuk situs tersebut. 

Pengorganisasian ini tidak hanya melibatkan pengkategorian halaman - misalnya mencari tahu bahwa 'tentang perusahaan' sesuai dengan tab 'tentang' - tetapi bahkan mempertanyakan dan mengatur ulang konten yang telah Anda berikan. 

Kadang-kadang Anda mungkin menemukan bahwa lebih baik untuk menggabungkan beberapa halaman, memecah satu bagian panjang, mengubah beberapa teks menjadi representasi diagram yang lebih sederhana, atau sejumlah susunan ulang lainnya.

Kembangkan sebuah sitemap atau rencana bagaimana informasi itu akan ditempatkan dengan cara yang bersifat heirarkis. 

Meskipun peta situs biasanya hanya sekumpulan kotak yang menandakan laman, Anda dapat bekerja dalam segala macam informasi tambahan yang menjelaskan bagaimana situs akan disiapkan, termasuk hal-hal seperti tautan cepat dari beranda, bagaimana bagian yang berbeda dapat digabungkan bersama, dan jalur yang mungkin diambil pengguna melalui sitemap.

2 - Berpikir diluar kebiasaan

Situs dengan jumlah kompleksitas yang wajar dapat disusun kembali dan diatur ulang dengan berbagai cara. 

Satu situs yang saya kerjakan untuk mengatur dan mengatur ulang berkali-kali adalah FlashDen. Saya telah kehilangan hitungan berapa kali saya melihat menu itu dan mengaturnya kembali. 

Dalam beberapa contoh, kami hanya memindahkan halaman ke dalam kelompok dan kelompok yang berbeda sehingga mereka tampak lebih logis, dan di lain pihak kami telah memperkenalkan pemikiran yang lebih banyak di luar kebiasaan.

Misalnya beberapa bulan yang lalu menu menjadi terlalu rumit sehingga kami menghapus seluruh tumpukan item menu yang lebih "halus" dan membuat blog yang sekarang menjadi tempat kompetisi, buletin, tautan subsite, dan halaman lain yang mengacaukan menu.

Baru-baru ini kami menemukan bahwa kami memiliki banyak dari apa yang saya sebut "stragglers" - yaitu halaman tanpa rumah di menu. 

Dari sudut pandang desain informasi, orang-orang yang tersesat sangat buruk - bahkan saya tidak ingat bagaimana cara mendapatkannya! 

Solusinya kali ini adalah membangun sistem wiki, konten tingkat atas pipa ke dalam menu di belakang layar, dan kemudian menggunakan wiki untuk menyimpan informasi yang lebih dalam dengan fasilitas pencarian, penandaan dan kategorisasi sendiri.

Inti dari pengalaman saya dengan FlashDen adalah bahwa pengorganisasian informasi bahkan tidak harus memasukkannya ke dalam menu dan submenu. 

Anda mungkin menemukan bahwa beberapa informasi tidak boleh ada di situs, atau memerlukan subsite, atau Anda perlu melakukan sesuatu yang lain sama sekali. 

Dengan FlashDen, saya memiliki keuntungan bahwa sudah hampir 3 tahun sekarang saya telah melihat konten dan masih sampai hari ini saya menemukan pengaturan dan solusi baru.

Untuk menjadi perancang informasi yang efektif dan untuk menemukan solusi yang paling optimal sering membutuhkan pemikiran di luar kotak. 

Tentu saja mengatakan "berpikir di luar kotak" jauh lebih mudah dikatakan daripada melakukannya! Kadang-kadang kita terkendala dalam kotak yang bahkan tidak bisa kita lihat. 

Beberapa waktu yang lalu saya mendengar sebuah eksperimen di mana sekelompok serangga yang melompat ditempatkan di kotak kaca dan lama-kelamaan belajar melompat hanya begitu tinggi. 

Ketika tutup kacanya dilepas, serangga itu terus melompat, ketinggian yang sama bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa melakukannya jika mereka ingin keluar.

Jadi bagaimana Anda mengatasi kotak yang tidak bisa Anda lihat? Sederhana! Dengan bantuan orang lain yang tidak dibatasi oleh masalah yang sama yang Anda miliki. 

Untuk desain informasi yang rumit, saya akan sering meminta orang lain untuk ide-ide organisasi hanya memberi mereka masalah mentah dan bukan permutasi saya sendiri. 

Mengatakan ide-ide programmer atau pandangan pengguna akan sering mengejutkan Anda karena perspektif mereka benar-benar berbeda dari Anda sendiri dan tidak terhalang oleh cara berpikir yang sama.

3 - Jaga struktur Anda seimbang

Ketika Anda mengatur kumpulan informasi besar, pertanyaan yang jelas yang selalu muncul adalah seberapa dalam atau seberapa lebar navigasi Anda. 

Kedalaman mengacu pada berapa banyak lapisan kategori dan subkategori yang ada, sementara lebar adalah tentang berapa banyak dari setiap tingkat yang ada. 

Triknya adalah menemukan keseimbangan. Jika ada terlalu banyak item pada satu tingkat - terutama tingkat teratas - maka Anda berisiko membingungkan pengguna. 

Di sisi lain jika pengguna harus mengklik banyak level, Anda berisiko kehilangan mereka.

Aturan praktis yang baik adalah menjaga jumlah opsi pada tingkat yang diberikan hingga 4 - 8. 

Jika Anda memiliki 8 item tingkat teratas, masing-masing dengan 8 subkategori, dan masing-masing dengan 8 sub-subkategori, Anda akan memiliki cukup ruang untuk 512 halaman situs. 

Tentu saja jarang melakukan hal-hal secara otomatis menyeimbangkan dengan baik. Jadi sekali lagi Anda harus berhati-hati bahwa Anda tidak memiliki sisi yang berat dan sisi yang ringan. 

Sebagai contoh, di situs dengan beberapa ratus halaman, jika Anda menempatkan kontak di tingkat atas di suatu tempat, kemungkinan itu tidak akan memiliki 8 subkategori dengan 8 sub-subkategori. 

Lebih mungkin bahwa kontak akan menjadi bagian yang cukup sederhana - bahkan untuk situs yang rumit.

Di sisi lain jika Anda tidak menempatkan sesuatu seperti kontak di tingkat atas, Anda mungkin mendapatkan kedalaman informasi yang lebih seimbang, namun Anda berisiko tidak memiliki tugas pengguna penting yang diselesaikan karena akan sulit untuk mencari tahu cara menemukan informasi kontak. 

Solusi sederhana untuk masalah khusus ini mungkin adalah menambahkan 'tautan cepat' di mana Anda memberi pengguna beberapa opsi di beranda untuk melompat lebih dalam ke struktur tanpa menavigasi dengan cara biasa.

4 - Desain untuk pemindaian, skimming dan jumping

Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi sangat jarang saya akan sepenuhnya membaca halaman web. Entah itu untuk membaca instruksi, syarat dan ketentuan, atau hanya salinan biasa, sebagian besar waktu saya skim, memindai dan melompat. 

Dengan asumsi saya bukan satu-satunya yang melakukan ini, masuk akal untuk mendesain halaman untuk memfasilitasi cara mengkonsumsi informasi ini.

Jangan membungkus informasi kunci dalam kumpulan teks - sorot. Jangan berikan pengguna paragraf di akhir - putus mereka dengan judul, subpos, poin, diagram, apa pun yang diperlukan!

Pikirkan tentang bagaimana pengguna akan menggunakan situs Anda dan rancang untuk memfasilitasi penggunaannya.

Contoh desain yang bagus untuk konsumsi pengguna adalah di NETTUTS situs saudara kami, sebuah situs yang seperti kebanyakan dari Anda ketahui, menerbitkan tutorial tentang topik pengembangan web

Sekarang di NETTUTS kami melihat sejak awal bahwa kebanyakan orang, pada awalnya melihat tutorial melewati sampai akhir, di mana mereka mencoba menemukan tautan ke demo dan / atau kode sumber sehingga mereka dapat memutuskan apakah tutorial tersebut layak dibaca di tempat pertama. 

Setelah kami menyadari ini, itu adalah masalah sederhana untuk menambahkan tombol Demo dan Sumber khusus dan menempatkannya secara konsisten di bagian atas tutorial. 

Penyesuaian sederhana ini untuk menyesuaikan desain kami hingga pola konsumsi pengguna telah membuat kami mendapat banyak umpan balik yang menyenangkan.

5 - Desain teks yang ingin dibaca

Saya tidak yakin apakah saya semakin tua, atau jika menghabiskan seluruh waktu saya di depan layar hanya membuat saya pemilih, tetapi akhir-akhir ini benar-benar mengganggu saya ketika saya disajikan dengan teks yang tidak memaksa saya untuk membacanya. 

Tujuan desain situs biasanya untuk mengirimkan informasi dan sebagian besar adalah teks tertulis, jadi fokus untuk menampilkannya dengan baik harus menjadi prioritas.

Menggunakan ukuran huruf yang terlalu kecil, kontras rendah antara teks dan warna latar belakang, atau sangat menggunakan teks ringan pada latar belakang gelap, semuanya adalah dosa rancangan yang telah kita semua salah (pada banyak kesempatan!)

Namun di luar ini, ada cara lain agar desain Anda dapat membuat pengunjung benar-benar membaca. 

Bidik desain sedemikian rupa sehingga tata letak Anda memfokuskan pengunjung pada salinan dan arahkan mereka dengan judul, subpos, demarkasi, tanda tarik, dan teknik lain untuk menarik perhatian.

6 - Panduan pengguna baik di halaman dan melalui halaman

Sebelumnya saya sebutkan Path Pengguna - yang mengatur cara-cara yang pengguna akan cenderung untuk melintasi sebuah situs web. 

Banyak dari ini akan terjadi hanya dengan cara orang berperilaku, tetapi dengan perencanaan, Anda dapat memilih bagaimana pengguna akan dipandu baik melalui satu halaman dan di beberapa halaman. 

Setelah Anda mengetahui jalur khusus, Anda dapat bekerja di panduan visual dan tautan untuk membantu mereka bergerak di sepanjang jalur itu.

Misalnya pada FlashDen, ketika pengguna baru tiba, itu adalah tujuan kami untuk membuat mereka mendaftar, menemukan file, menyimpan uang dan kemudian membeli file-file itu. 

Jadi, pertama-tama kami memberi mereka ringkasan proses empat langkah di beranda, kemudian di setiap pemberhentian ada petunjuk untuk mengarahkan pengguna ke langkah berikutnya. 

Dalam desain ulang kami berikutnya, saya berharap untuk membuat jalur ini menjadi lebih jelas karena ini penting untuk situs yang berfungsi sebagaimana mestinya. Perhatikan bahwa jalur yang saya jelaskan bukan 4 halaman, tetapi 4 tugas. 

Misalnya menemukan file mungkin melibatkan pengguna yang melihat lusinan halaman, tetapi ini adalah satu tugas yang berbeda. Jalur pengguna tidak perlu melalui set halaman, mereka dapat dengan mudah mencakup set tugas!

7 - Jangan memperumit masalah

Seharusnya tidak perlu dikatakan bahwa sederhana lebih baik bagi pengguna daripada rumit. Meskipun demikian itu terlalu mudah untuk mengomplikasi desain. 

Saya tahu bahwa saya sering membuat hal-hal menjadi lebih rumit sehingga saya memiliki lebih banyak elemen visual pada sebuah halaman untuk bekerja (Collis buruk, Collis buruk!) Dosa overkomplikasi lainnya adalah menggunakan kata-kata yang tidak perlu pada tombol dan panggilan untuk bertindak. 

Steven Krug dalam bukunya yang luar biasa, Don't Make Me Think memberikan contoh situs kerja hipotetis dengan tombol yang berbunyi:

  • Pekerjaan
  • Kesempatan kerja
  • Jobs-o-rama

Salah satunya jelas, yang satu sudah cukup jelas, dan yang satu - siapa yang tahu.

8 - Memvisualisasikan informasi

Sebagai desainer, kami lebih dari sebagian besar, tahu nilai visual yang bagus. Dan ada banyak peluang untuk memetakan atau memvisualisasikan beberapa data, konsep, atau informasi. 

Artikel ini seperti yang Anda akan ingat dimulai dengan diagram yang sangat mendasar tentang bagaimana desain antarmuka, desain informasi dan desain estetika berhubungan. 

Visual ini tidak hanya memecah teks, tetapi juga lebih mudah diingat dan memberi Anda kesempatan untuk menghidupkan halaman.

DoshDosh memiliki artikel yang menarik tentang visualisasi informasi, diagram, dan apa yang penulis sebut infografis yang patut dicoba meskipun hanya untuk melihat contoh grafis yang brilian.

9 - Analisa desain informasi Anda

Desain informasi adalah salah satu hal yang sulit dilakukan pada upaya pertama. 

Jadi setelah Anda membangun sebuah situs, Anda harus menganalisisnya untuk melihat bagaimana orang menggunakan dan mencerna informasi, bagaimana mereka berperilaku dan di mana Anda dapat meningkatkan desain Anda.

Alat yang rapi dalam hal ini adalah Google Analytics. Misalnya ketika saya menyebutkan Jalur Pengguna sebelumnya, Analytics memungkinkan Anda melacak jalur melalui halaman menggunakan fitur Sasaran. 

Anda mengatur urutan halaman dan Analytics akan melaporkan% dari pengunjung yang berhasil melewatinya (dan dengan mengklik jauh) pada setiap titik.

Fitur Analytics lain yang dapat Anda gunakan adalah penelusuran istilah penelusuran yang memungkinkan Anda melihat apa yang dicari pengguna di bidang penelusuran situs Anda sendiri. 

Mengetahui apa yang dicari orang memberi tahu Anda informasi apa yang perlu lebih tersedia!

Sumber: 9 Tips Desain Informasi untuk Membuat Anda Menjadi Perancang Web yang Lebih Baik